Jumat, 08 Maret 2024

# menu sehat # ramadhan

Inspirasi menu sehat ramadhan

Bulan Ramadhan yang penuh berkah, sebulan penuh nanti kita semua umat muslim akan di wajibkan untuk berpuasa, Puasa adalah menahan diri dari lapar dahaga dan hawa nafsu dimulai dari sebelum terbit fajar hingga tenggelam matahari. Selain meningkatkan ketakwaan, melatih kesabaran dan menghapus dosa, berpuasa juga membawa banyak sekali manfaat kebaikan kesehatan bagi tubuh jika dilakukan dengan benar.


Firman Allah swt pada QS. Al-Baqarah : 183 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa".


Ketika bulan Ramadhan nanti pastilah hidangan khas Ramadhan akan ramai menghiasi meja makan di setiap rumah. Sebagian besar orang Indonesia mendefinisikan menu berbuka puasa adalah menu makanan yang manis dan lezat, tak jarang menu yang disiapkan pun kemudian akan banyak mengandung gula dan minyak. Makanan - makanan tersebut dipercaya banyak orang di masyarakat kita menjadi menu yang mampu mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. 

Namun sekarang pola hidup sehat sudah mulai diterima oleh banyak  masyarakat Indonesia, dengan begitu maka tentunya juga banyak perubahan yang telah terjadi. Banyak orang mulai menghindari konsumsi makanan tinggi gula atau gorengan yang tinggi lemak jenuh. yahhhh, meskipun saya pribadi juga masih belajar (belum 100%) bisa mengurangi kedua hal tersebut (makanan manis berlemak dan gorengan) terutama pada gorengan, entah kenapa gorengan seperti menu wajib keluarga besar saya ketika berbuka puasa dan akan selalu dicari keberadaannya. 

Awal berpuasa nanti pasti tubuh akan mengalami adaptasi dan jika sudah begitu maka biasanya respon yang diberikan tubuh kita ketika awal berpuasa adalah tubuh akan merasa lemas. Oleh karena itu untuk mengurangi terjadinya hal itu maka sebaiknya hal yang kita lakukan adalah dengan meningkatkan asupan cairan dalam tubuh dengan memperbanyak minum air putih serta konsumsi buah juga sayur, tak lupa jika dirasa dibutuhkan kita juga bisa menambahkan dengan asupan multivitamin atau madu.

Cara yang tepat agar tetap sehat selama berpuasa adalah dengan menerapkan pola makan dengan menu seimbang dan istirahat yang cukup. Pola makan dengan menu seimbang adalah pola makan dengan menu makanan yang mengandung unsur nutrisi lengkap sesuai kebutuhan tubuh.




Tubuh kita memerlukan pola makan yang bergizi dan seimbang. peranan pola makanan sehat sangatlah penting selain  terutama untuk menjaga imunitas tubuh. Pola makan yang bergizi dan seimbang adalah pola makan yang memperhatikan komposisi jenis makanan,  teratur, tidak berlebihan, ataupun tidak kekurangan. Pola makan ini memiliki banyak manfaat, seperti menjadi sumber energi, mempertahankan imunitas tubuh, memperbaiki sel-sel yang rusak, mengatur metabolisme tubuh, dan membuat tubuh semakin berkembang dengan baik. (kemdikbud.go.id)


Berikut ini adalah rekomendasi menu sehat keluarga yang biasa disantap oleh keluarga saya ketika berpuasa, 

Yang pertama tentu saja adalah kurma dan madu.
Kurma dan madu adalah makanan wajib yang harus ada, jadi biasanya ketika berbuka kami akan menyantap kurma dan madu terlebih dahulu sebelum menyantap makanan pembuka lain.  

Yang kedua adalah kolak.
Kolak adalah menu makanan manis khas indonesia yang menjadi salah satu menu wajib ketika bulan ramadhan tiba, namun biasanya untuk kolak ini saya akan membaginya menjadi 2 varian karena kebetulan di rumah saya ada orang tua dan ada anak - anak seklaigus, jadi untuk para orang tua (dewasa) biasanya akan saya suguhkan dengan kolak tanpa santan, sedangkan yang untuk anak - anak akan saya berikan kolak dengan santan.

Yang ketiga, Puding buah.
Ketika bulan ramadhan puding buah akan menjadi menu favorit anak - anak, rasanya yang manis dan segar selalu jadi rebutan. khususnya untuk anak - anak yang masih proses belajar berpuasa.

Yang keempat, Olahan Protein hewani ataupun nabati.
Protein nabati, mengolah tahu dan tempe menjadi baceman tempe atau tahu adalah menu ternikmat yang bisa dijadikan sebagai salah satu referensi untuk menu food preparation.
Protein hewani pada Ikan, ayam atau daging.
Menyajikan ikan, ayam atau daging sebagai menu protein dalam menu buka puasa sehat merupakan hal yang bijak. Terutama untuk ikan karena ikan merupakan salah satu makanan paling sehat yang sarat dengan nutrisi penting, seperti protein dan vitamin D. Ikan juga merupakan sumber omega-3 asam lemak terbaik di dunia, yang sangat penting bagi tubuh dan otak terutama untuk anak - anak. 
Dalam pengolahan ikan dan ayam saya biasanya akan mengolah dengan cara pengolahan yang minim menggunakan minyak. bisa dengan cara dibakar, dipepes, dipindang, disate, dibacem dll.  Sedangkan olahan daging, biasanya saya akan mengolahnya menjadi rawon, aseman daging ataupun sop. (sajian yang minim santan atau tanpa penggunaan santan dalam olahannya. santan hanya saya sajikan sesekali saja). Olahan ikan atau ayam dengan cara dibakar, dipepes, dipindang, atau disate adalah menu sederhana yang nikmat dan selalu jadi favorit keluarga, tidak ada satu anggota keluarga yang bisa menolak jika menu - menu tersebut disajikan. Menu keluarga yang tidak hanya nikmat tapi tentu saja sehat, tidak hanya untuk orang tua tapi juga dan bergizi untuk anak - anak. 

Yang kelima adalah buah dan sayur
Sayuran dan buah adalah bagian penting dari makanan sehat yang menyediakan berbagai sumber nutrisi, termasuk kalium, serat, folat (asam folat) dan vitamin A, E dan C. Nutrisi dalam sayuran dan buah sangat penting untuk kesehatan dan pemeliharaan tubuh. Vitamin dan mineral yang terkandung di dalam buah dan sayur berperan penting dalam proses metabolisme dalam tubuh.
Oleh karena itu ketika berpuasa saya akan selalu mengedepankan buah dan sayuran sebagai asupan utama untuk memenuhi vitamin, mineral dan serat tubuh. Pada sayuran biasanya saya akan mengolah nya dalam bentuk olahan tumisan, pecel, gado - gado, kuluban (sayuran rebus) ataupun urap sayur. Sekali lagi saat berpuasa sebisa mungkin saya akan mengurangi olahan santan untuk masakan menu apapun.


Demikianlah menu sehat keluarga saya, semoga dapat menjadi inspirasi untuk para keluarga Indonesia lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar