Selasa, 05 Maret 2024

10 Hal Persiapan Menjelang Ramadhan

Sebentar lagi bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah tinggallah menghitung hari, yang mana artinya bulan Syaban sebentar lagi akan segera berakhir. Bismillahirrohmanirrohim, semoga Allah SWT memberikan kepada kita semua kesehatan dan umur yang panjang sehingga kita bisa mendapati bulan Ramadhan yang istimewa tersebut dengan sehat. 

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, "Ketika bulan Ramadan telah tiba, Nabi Muhammad saw bersabda: Ramadan telah datang pada kalian, yakni bulan yang penuh berkah. Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa. Pada bulan ini  pintu langit dibuka, pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup, dan para setan dibelenggu. Pada bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Siapa yang tidak memperoleh kebaikannya, maka terhalangi dari kebaikan".

Marilah kita menyambut bulan Ramadhan dengan menanamkan rasa gembira di dalam diri kita. Secara psikologis, rasa gembira akan menumbuhkan kecintaan kita dalam melakukan sesuatu. Dan jika rasa cinta sudah tumbuh, maka saat melakukan sesuatu pastilah kita akan berusaha dengan sebaik – baiknya agar nanti hasil yang didapatkan akan maksimal hasilnya.

Rasulullah pun telah mengingatkan dalam haditsnya untuk senantiasa bergembira menyambut kedatangan bulan Ramadhan. Kegembiraan ini juga bakal diganjar dengan sebuah keistimewaan:

“Siapa bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka.” 


Subhanallah, begitu mulianya bulan suci Ramadhan, sampai hanya memiliki rasa gembira dalam menyambut kedatangannya pun, kita akan mendapatkan balasan kebahagiaan yang tiada tara yakni kita akan terhindar dari siksa api neraka. Masyaallah

Oleh karena itu sebelum datangnya bulan suci Ramadhan yang penuh berkah, Maka alangkah baiknya bila kita mempersiapkan segala sesuatunya dengan persiapan yang matang, sehingga nanti ketika bulan suci Ramadhan kita terutama para ibu pada khususnya diharapkan dapat memaksimalkan diri dalam beribadah dan bisa totalitas mengikuti (menikmati) setiap momen Ramadhan dengan sempurna, khidmat dan khusuk tanpa terkendala dengan urusan perintilan dapur dan lainnya. Aamiin

“Banyak orang yang berpuasa namun tidak mendapatkan apa-apa, kecuali lapar dan dahaga.” (HR. Ahmad).

Oleh karena menyimak dari hadist diatas tersebut dan mengingat pengalaman yang telah lalu, berikut ini adalah beberapa 10 hal yang dapat saya simpulkan untuk bisa kita siapkan sebelum memasuki bulan suci Ramadan,

Persiapan yang utama adalah tentu saja rasa syukur.

Kita harus bersyukur kepada Allah SWT karena atas izin dan kuasa Nya kita masih diberikan kesempatan untuk bisa berjumpa dengan bulan Ramadhan yang penuh berkah dan rahmat. Tak lupa juga untuk kita selalu memohon ampunan dan taubat kepada Allah SWT, Hal ini merupakan tanda bahwa Allah SWT masih memberi kesempatan kepada kita untuk senantiasa memperbanyak amal ibadah dan mengurangi dari segala perbuatan maksiat.

Yang kedua adalah Niat dengan hati yang mantap.

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, bulan yang istimewa bagi umat Islam untuk meningkatkan kualitas ibadah, mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan memperbaiki diri baik secara spiritual maupun moral. Dengan persiapan niat hati yang mantap diharapkan kita dapat menjalankan bulan Ramadhan secara maksimal untuk meraih pahala dari Allah SWT dan bulan Ramadhan kali pun dapat dipenuhi dengan hal - hal yang baik pula. Selain tak lupa untuk kita berdoa agar pada bulan Ramadhan ini, kita semua senantiasa dijadikan sebagai orang yang istiqomah dalam melakukan hal - hal baik karena ibadah dan amalan pada bulan Ramadhan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Berikut ini adalah amalan doa untuk menyambut bulan Ramadhan berdasarkan hadist riwayat Imam At-tarmidzi, doa menjelang Ramadhan ini memiliki amalan dengan harapan agar kita mendapatkan keselamatan, kesehatan dan kekuatan saat beribadah puasa sebulan penuh nanti.

Allahumma ahillahu ‘alainaa bil yumni wal Imani wassalamati wal islami Rabbi wa Rabbukallahu.

Artinya  “Ya Allah mohon hadirkan awal Ramadhan kepada kami dengan penuh ketentraman, dan dengan penuh kekuatan iman, sehat dan selamat, dan dengan kekuatan islam Rabbi wa Rabbukallahu.”

Ketiga, terutama adalah mengingat kembali hutang puasa,

apabila kita memiliki hutang puasa hendaklah sebaiknya segera kita melunasi hutang puasa yang pernah ditinggalkan karena udzur. Jangan sampai ketika sudah memasuki bulan Ramadhan, kita masih memiliki hutang puasa Ramadhan yang belum terbaayar di tahun lalu.

Keempat, Persiapan fisik jasmani dan rohani.

Menjaga kondisi fisik dan jasmani mulai dari sekarang dengan mengurangi kebiasaan tidak baik seperti begadang dan mengkonsumsi makanan tidak sehat. Kita bisa mulai dengan lebih rutin berolahraga, minum air putih 2l dalam sehari, makan – makanan yang sehat bergizi dan bila perlu kita juga bisa konsumsi vitamin atau suplemen kesehatan. Dengan mengkonsumsi multivitamin diharapkan dapat membuat tubuh menjadi lebih prima ketika nanti memasuki bulan Ramadhan dan menjadi tidak mudah sakit. Sehingga tak ada halangan untuk kita berpuasa hingga akhir bulan Ramadhan, Insyaallah.

Kelima, Mulai membiasakan membaca Al – Qur’an

Mulai membiasakan diri untuk membaca al-Quran, memperbanyak membaca Al-Quran dengan memahami makna dan kandungannya. membaca Al-Quran membantu kita mendekatkan diri kepada Allah SWT, meningkatkan keimanan, dan meningkatkan kualitas ibadah pada bulan Ramadhan. Karena bulan Ramadan dikenal juga sebagai bulan al-Quran. Membaca al-Quran pada bulan Ramadan memiliki nilai pahala yang lebih besar daripada pada bulan-bulan lainnya. Oleh karena itu untuk bisa mengkhatamkan al-Quran pada bulan Ramadan, kita perlu melakukan pembiasaan sedini mungkin, sehingga nanti ketika memasuki bulan Ramadan, diharapkan kita sudah terbiasa rutin untuk membaca al-Quran. Aamiin

Keenam, Membersihkan area lingkungan sekitar (rumah dan terutama dapur),

Karena entah kenapa rumah terutama dapur adalah nyawa bagi seorang ibu dan semua anggota keluarga, kalaupun ada seorang ibu yang tidak bisa memasak tapi tetap saja dapur tetap akan ada pada fungsinya sebagai tempat ruang penyimpanan peralatan makan dan lainnya. Rumah dan dapur yang bersih akan membuat setiap dari penghuni rumah menjadi merasa nyaman dan tentu saja sehat. 

Ketujuh, Membuat stok bumbu dasar dan persambelan.

Mempersiapkan kebutuhan stok bumbu dasar di bulan puasa ramadhan menurut saya sangatlah penting karena dengan membuat stok bumbu dasar membantu kita para ibu dapat menyajikan menu sajian sahur maupun berbuka puasa dengan praktis namun tetap lezat dan nikmat. Stok bumbu ini bisa berupa bumbu dasar putih, bumbu dasar merah, bumbu dasar kuning, bumbu dasar orange dan bumbu dasar hitam. Saya dan keluarga sangat suka sekali dengan sambal jadi saya akan selalu menyiapkan stok sambal dalam jumlah lumayan banyak. baik itu sambal balado, sambal bawang atau bahkan sambal terasi sekalipun bisa kita buat stok di simpan di kulkas dan ambil seperlunya menggunakan sendok bersih saat akan mengambil, berdasarkan pengalaman yang saya lakukan stok bumbu dan sambel bisa bertahan sampai 3bulan lebih. 


Kedelapan, Membuat Frozen food atau Menyiapkan stok lauk kering.

Frozen Food atau stok lauk kering bisa digunakan untuk jaga - jaga misal ketika saat menjelang berbuka ada urusan lain yang mungkin tidak bisa ditunda dan atau tidak sengaja terlambat bangun ketika jam makan sahur, sehingga terburu - buru jadi tidak bisa masak atau mengolah bahan makanan dari 0. Maka disini kita bisa mengolah Frozen food yang sudah kita siapkan diawal. Frozen food bisa kita dapat dengan cara membuat atau membeli Frozen Food yang sudah siap saji, bisa berupa bakso, dimsum, nugget, chicken katsu, chicken karage, bulgogi beef slice / beef shogayaki, ayam ungkep atau bahkan pepes ikan atau pepes ayam juga bisa. Untuk stok kering kita bisa membuat atau membeli abon ayam, abon ikan, kentang mustofa, kering tempe, atau bahkan serundeng. 




Kesembilan, Membuat daftar menu untuk berbuka dan sahur.

Seringkali ketika hari nya memasak menu, kita para ibu justru masih kebingungan dalam menyiapkan menu masakan untuk berbuka dan juga sahur, dan biasanya tak jarang karena sikap bingung ini kita jadi menghabiskan waktu lebih lama dan percuma begitu saja, oleh karena itu daripada kita bingung dalam menyiapkan makanan ketika waktu mendekati berbuka atau sahur, akan lebih baik jika kita memikirkannya dari awal dengan membuat perencanaan daftar menu berbuka dan sahur untuk waktu satu minggu ke depan dan agar lebih lengkap juga menarik bisa kita tambahkan dengan berbagai menu takjil dan cemilan ringan sebagai pelengkap.



Kesepuluh, Berbelanja sesuai dengan daftar menu berbuka dan sahur.

Setelah kita sudah berhasil menentukan daftar menu untuk berbuka dan sahur maka dari itu sebaiknya kita lanjutkan dengan membuat daftar belanjaan untuk memenuhi kebutuhan dari menu tersebut. daftar belanjaan ini akan lebih memudahkan kita dalam mewujudkan daftar menu berbuka dan sahur yang telah kita buat sebelumnya. Sebaiknya kita belanja untuk satu minggu sekalian karena selain menghemat waktu juga tentunya akan menghemat uang belanja secara tidak langsung.


Dan itulah beberapa persiapan yang dapat kita lakukan dalam menyambut bulan suci Ramadhan, Mudah-mudahan semua persiapan yang kita lakukan dapat menjadi penyemangat bagi kita semua dalam menjalani ibadah Ramadhan dengan lebih baik dan lebih giat di tahun ini, Aamiin Ya Robbal alamin.. Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar